Cara Merakit Dan Memperbaiki Skateboard Sendiri Di Rumah

Cara Merakit Dan Memperbaiki Skateboard Sendiri Di Rumah - Hallo sahabat cara berinovasi, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Cara Merakit Dan Memperbaiki Skateboard Sendiri Di Rumah, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel Tentang Olah Raga, Artikel Tentang Tehnik, Artikel Tip's, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : Cara Merakit Dan Memperbaiki Skateboard Sendiri Di Rumah
link : Cara Merakit Dan Memperbaiki Skateboard Sendiri Di Rumah

Baca juga


Cara Merakit Dan Memperbaiki Skateboard Sendiri Di Rumah

Banyak sekali pilihan Skateboard yang di jual di pasaran, Tak hanya skateboard yang sudah siap di pakai, tetapi juga masih dalam bentuk komponen atau part, bisa bab Deck saja, Bagian Truck saja atau bahkan hanya bab Bearing dan Rodanya ( Wheels ) saja, tak hanya itu, selain part yang di sebutkan di atas masih ada bab - bab komponen pendukung tak kalah penting fungsinya dalam sebuah skateboard yaitu Bushing, Riser pad dan Hardware Lainnya. Bagi anda pecita olah raga skateboard bab - bagain yang gres saja kita sebutkan tentu saja tidak abnormal lagi, tetapi bagaimana dengan para pemula yang gres ingin berguru merakit skateboard kesayangan-nya, anda tidak perlu khawatir, dalam artikel ini, kami akan berusaha menunjukkan panduan lengkap untuk merakit skateboard anda menjadi skateboard yang keren. Apakah anda sudah siap ? Sebelum anda mencoba mulai merakitnya, mari kita saksikan salah satu Video Tutorial berikut ini yang akan membuka wawasan anda, bahwa merakit skateboard sendiri dan bahkan memperbaiki Skateboard yang rusak sendiri itu sangat mudah, selamat menyimak :







Selanjutnya anda bisa mempelajari Bagian - Bagian dari skateboard yang anda miliki ketika ini, ada baiknya anda juga mengetahui cara merakitnya serta mengganti bab - bab yang rusak suatu hari nanti, sebelumnya mari kita kenali dulu jenis - jenis dan merek - merek skateboard yang bisa anda dapatkan di Indonesia, Informasi Lengkapnya silahkan anda klik di -->  SINI




Beberapa contoh, merek dan model skateboard yang komponenya berkwalitas baik dan berstandar internasional bisa anda simak selengkapnya di --> SINI




Selanjutnya Mari Kita Pelajari Terlebih Dahulu Bagian - Bagian Atau Part dari Skateboard Anda !

Bagian-bagian Skateboard





Kalian mungkin sudah tahu apa itu skateboard ibarat dari sisi bentuknya yaitu papan yang mempunyai 4 buah roda. Meluncur, melayang, berputar dan mendarat dengan indah bisa kita lakukan dalam olahaga skateboard ini. kita juga harus memperhatikan bagian-bagin pada skateboard tersebut.



Berikut ini yaitu bagian–bagian dari skateboard:



Deck






Deck yaitu papan yang dipakai dalam skateboard. Terbuat dari kayu maple yang biasanya terdiri dari 7 hingga 9 lapisan kayu yang direkatkan dengan lem dan dipress kedalam wadah press an untuk membentuk concaves.concaves yaitu lekukan pada deck.






Griptape





Deck harus ditambah dengan griptape yang mempunyai kegunaan supaya tidak licin ketika kita memakai skateboard. Bentuknya ibarat kertas ampelas yang di tempel pada deck.






Truck













Berguna sebagai penyangga antara deck dan wheel. Pada truck tersebut terdapat karet suspense yang bernama


Bushing




yaitu potongan urethane yang berbentuk donat dan diletakkan dikingpin.bushing terdapat pada pada gambar disamping yang berwarna kuning, disetiap truck terdapat 2 bushing. Busing diletakkan diantara hanger satu diletakkan dibawah hanger dan satunya diletakkan diatas hanger.bushing bisa dikencangkan atau dikendorkan sesuai dengan jenisnya ada yang hard yaitu yang keras atau yang soft lebih lembut.




Bearing





Yaitu benda yang berfungsi sebagai poros putaran wheel, bearing terdiri dari 6-8 bola yang dilindungi oleh penahan. Satu roda membutuhkan 2 bearing, Makara untu 4 roda membutuhkan 8 bearing. Bearing tersebut mempunyai penilai ABEC mengikuti angka 1,2,3,4,5,6,7,8,9 semakin tinggi nilai ABEC semakin cepat






Wheels








Roda yang terdapat pada skateboard biasanya terbuat dari poliuretan. Bermacam-macam ukurannya

Street: biasanya ukuran 48-55 mm dengan tingkat kekerasan 97-101a.

Vert: ukuran 55-65 mm dengan kekerasan 95-100a









Riser pad






Riser pad adalah palstik berbentuk persegi yang diletakkan diantara truck dan decks.riser berfungsi untuk meredam tekanan gravitasi dan menciptakan papan awet




Hardware





Hardware Skateboard Terdiri dari baut dan mur untuk memasangkan deck dan truck. Hardware tersedia dalam banyak sekali ukuran panjang untuk pemasangan truk dengan atau riser.



Secara Singkat sanggup di Jelaskan Bagaimana cara Merakit Sebuah Skateboard sehingga kondusif ketika di gunakan oleh anda untuk meluncur. Silahkan di simak berikut ini Langkah - Langkah singkatnya :


1. Pasangkanlah grip tape pada Papan
2. lubangi lubang yang ada di deck
3. sebelum memasangkan wheel kita pasangkan dulu Bearing atau klaharnya
4. pasangkan wheel pada truck
5. Kencangkan dengan memutar bautnya Agar tidak leaps



Bangaimana Memperbaiki Skateborad yang Mulai Rusak dan Tidak nyaman ketika di gunakan ?



Jika anda mempunyai skateboard / long board dan merasa bahwa rodanya sudah berjalan tidak begitu lancar atau anda gres saja membeli roda skate tapi belum beserta dengan bearing-nya, maka anda harus melaksanakan bongkar pasang bearing pada roda skateboard.

Ternyata untuk mengganti bearing (klaher) pada roda skateboard (wheels) sangatlah mudah, tidak perlu alat khusus, alasannya yaitu alat yang diharapkan hanyalah kunci pas untuk membuka mur (lock nut) pada truck.

Tahap 1: Buka Mur (lock nut) Pengikat Roda Skate board

Untuk membuka mur, caranya dengan memutar ke arah kiri (berlawanan arah jarum jam). Kalau skateboard saya yang memakai truck brand Slant, locking nut / mur-nya berukuran kunci nomor 13.

Tahap 2: Lepas Satu Buah Bearing
Setelah mur terlepas, keluarkan spacer (semacam ring kecil) dan simpan jangan hingga hilang.

Dalam satu roda skateboard memakai dua buah bearing.

Untuk melepas bearing, tarik roda ke atas, tapi jangan hingga roda terlepas. Posisikan roda hingga kira-kira ujung besi dari truck "nyangkut" di salah satu bearing saja.

Setelah itu miringkan roda skateboard ke arah kiri atau kanan. Makara ujung besi truck dipakai sebagai pencongkel.

Tahap 3: Lepas bearing satunya lagi
Setelah satu bearing terlepas, balik roda skateboard kemudian lakukan ibarat tahap kedua untuk melepas bearing yang berada di sisi satunya.

Tahap 4: Bersihkan / ganti bearing roda skateboard
Setelah bearing terlepas, bersihkan bearing dari kotoran yang mengganggu. Sebaiknya gunakan cairan khusus pembersih bearing, bisa juga memakai citrus oil. Tapi bila tidak ada, bisa memakai minyak kayu putih.

Tahap 5: Lumasi / kasih oli bearing
Untuk hal ini juga sebaiknya gunakan oli yang memang diciptakan khusus untuk bearing. Bisa dicari di toko ibarat Ace Hardware, dsb. Sekedar saran, untuk bearing yang sudah tua, jangan memakai cairan oli ibarat WD40, alasannya yaitu kemungkinan di bearing yang sudah renta mempunyai sedikit / banyak karat. Kalau disemprot WD 40 yang mempunyai kemampuan menghancurkan karat justru akan sekalian "menghancurkan" bearing-nya.

Tahap 6: Pasang kembali bearing Pada Skateboard Wheels.
Untuk memasangnya sangat mudah, tinggal masukkan bearing ke dalam Truck sesudah itu masukkan roda skateboard kemudian tekan roda ke arah bawah hingga bearing terpasang kuat.

Lakukan hal serupa untuk bearing satunya. Terkadang antara satu bearing dengan yang lain ada semacam pipa penghubung (terletak di tengah-tengah kedua bearing). Jika ada pipa tersebut, jangan lupa untuk dipasang. Karena bearing akan lebih kekal dan besar lengan berkuasa jikalau ada pipa di tengahnya.

Tapi jikalau dari bawaannya tidak ada, maka tidak perlu dipasang.









Tahap 7: Kencangkan mur / locking nut secukupnya
Setelah bearing terpasang dengan baik pada roda skatboard, maka anda tinggal mengencangkan mur pengikat dengan cara memutar ke arah kanan (searah jarum jam). Jangan lupa untuk memasang spacer / ring besi sebelum lock nut.

Mur tidak perlu dipasang hingga kencang sekali, alasannya yaitu kalau dikencangkan justru roda tidak akan berjalan dengan baik.

Yang perlu diperhatikan adalah, anda harus memakai jenis locking nut atau mur yang sanggup mengunci sendiri. Jangan memakai mur biasa alasannya yaitu sangat berbahaya dan bisa terlepas sendiri.


--> SELANJUTNYA



Demikianlah Artikel Cara Merakit Dan Memperbaiki Skateboard Sendiri Di Rumah

Sekianlah artikel Cara Merakit Dan Memperbaiki Skateboard Sendiri Di Rumah kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel Cara Merakit Dan Memperbaiki Skateboard Sendiri Di Rumah dengan alamat link https://caraberinovasi.blogspot.com/2009/05/cara-merakit-dan-memperbaiki-skateboard.html

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel