Cara Gampang Mempelajari Aquascape Seni Menciptakan Taman Di Dalam Aquarium

Cara Gampang Mempelajari Aquascape Seni Menciptakan Taman Di Dalam Aquarium - Hallo sahabat cara berinovasi, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Cara Gampang Mempelajari Aquascape Seni Menciptakan Taman Di Dalam Aquarium, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel Tentang Kreatifitas, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : Cara Gampang Mempelajari Aquascape Seni Menciptakan Taman Di Dalam Aquarium
link : Cara Gampang Mempelajari Aquascape Seni Menciptakan Taman Di Dalam Aquarium

Baca juga


Cara Gampang Mempelajari Aquascape Seni Menciptakan Taman Di Dalam Aquarium

Betapa Indahnya Jika Aquarium di rumah anda di rubah menjadi aquarium taman air,  sehabis di praktekan ternyata tidak sulit dan biaya pembuatannya pun relatif murah di banding keindahan yang anda dapatkan, kalau anda berminat mempelajari seni Aquascape ini, anda bisa simak dengan seksama artikel ini, siapa tahu hobby anda ini justru akan mendatangkan uang bagi anda. syarat mutlak yang harus di miliki seseorang yang ingin mempelajari Cara menciptakan taman air di dalam aquarium ibarat ini yaitu ketekunan dan daya imajinasi yang kuat, namun bagi pemula hal ini bisa di pelajari perlahan - lahan hingga anda menjadi hebat dalam hal menyusun material - material di dalam Aquarium anda. Sebelum melanjutkan pembahasan kita, ada baiknya anda mengenal terlebih dahulu lebih dekat perihal bagaimana sih sebetulnya seni Aquascape yang indah ini sanggup di pelajari secara gampang dan cepat, berikut video tutorialnya, selamat menyimak !







Sebelum anda tetapkan untuk mencoba Seni Aquascape ini, anda harus mempunyai sebuah aquarium, boleh yang ukuran mini atau yang ukuran Lebih Besar, Boleh dari Bahan Kaca atau dari materi Fiber dan beberapa alat pendukung ibarat filter khusus, alat penjepit material, alat pengatur suhu air, alat supplai oksigen dan juga cairan penjernih air hingga dengan vitamin atau nutrisi untuk pertumbuhan tumbuhan yang ada di dalam aqurium anda biar selalu terlihat Hijau dan indah, semua jenis dan contohnya serta spesifikasinya bisa anda simak dengan lengkap, silahkan anda Klik di -->   SINI








Peralatan Wajib Yang Harus Anda Miliki Jika Ingin Aquascape

    Aquarium
    Filter
    Lampu
    Substrate

Jika Ada Lebih Uang dan Ingin Mendapatkan Hasil Yang Lebih Advance

    CO2 : tabung / DIY, Diffuser atau reactor, selang CO2, bubble counter
    Pupuk : pupuk dasar dan/atau pupuk cair
    Lampu highlight dengan spectrum cahaya yang cocok
    Timer listrik
    Pendingin (fan / chiller)

Untuk Hasil yang Lebih Optimal atau Aquarium High Tech

    Filter / powerhead embel-embel dengan media yang lebih advanced
    pH controller
    Solenoid needle valve regulator untuk CO2
    Pupuk dasar dan pupuk cair sudah suatu keharusan, lebih keren lagi kalo menggunakan auto dosing pump
    Sumber air yang soft, contohnya Reverse Osmosis filtration kecuali memang sudah punya air hibahan surga
    Sudah niscaya Chiller, atau malah heater.


Sekali lagi kami ingatkan bahwa menciptakan aquascape diharapkan ketelitian serta kreativitas dalam menciptakan dekorasi sehingga tercipta sebuah aquascape yang indah. Mari kita mencobanya kini !

Langkah Langkah Praktis Membuat Aquascape Bagi Pemula

Untuk menciptakan aquascape ada beberapa materi yang harus Anda siapkan ibarat aquarium, pasir serta beberapa tumbuhan yang akan ditanam di dalam aquarium. Lakukan step-step berikut secara berurutan sehingga akan memperbesar persentase keberhasilan dalam menciptakan aquascape.


1. Menyiapan Dasar Aquarium



Siapkan Pasir Untuk Lapisan dasar Aquascape

Pada step awal ini siapkan pasir yang akan dipakai aquascape ke dalam aquarium. Untuk latihan awal Anda bisa menggunakan pasir silica yang mempunyai ukuran 4-5 mm. Kemudian pada belahan tengahnya masukan carbon active, materi ini berfungsi untuk menyerap zat berbahaya yang terkandung pada air yang muncul pada dikala awal pembuatan aquascape di aquarium.
Carbon active mempunyai sifat yang akan merelease kembali kandungan air ketika aquascape berusia sekitar 1-3 bulan, tapi tidak perlu kuatir lantaran pada usia tersebut tumbuhan yang ada di aquascape sudah mulai stabil sehingga tidak membahayakan. Buat sekitar aquarium tertutp pasir secara merata sehingga penyebaranya merata.

2. Menyiapkan Pupuk Dasar untuk Aquascape

Selanjutnya sehabis memasang pasir tahap selanjutnya yaitu menunjukkan pupuk dasar yang berfungsi untuk menunjukkan nutrisi pada tumbuhan yang ditanam untuk aquascape aquarium.
Pemberian pupuk ini hanya untuk jenis tumbuhan air yang mempunyai akar, sedangkan bila tumbuhan air yang menyerap nutrisi menggunakan daun ibarat Anubias, dan Microsorum Anda bisa melewati langkah ini. Gunakanlah pupuk yang telah terbukti kualitas dengan jumlah yang telah direkomendasikan.

3. Membuat Top Layer dan Harascape







Setelah melaksanakan pemupukan dasar pada aquascape selanjutnya menimbun kembali dengan pasir. Untuk penimbunan kali ini bisa menggunakan pasir silica ibarat yang dipakai untuk menciptakan pasir dasar. Setelah selesai menaburkan pasir untuk menutupi pupuk, buatlah dekorasi posisi hardscape dengan menggunakan kayu serta batu.


Dalam meletakan hardscape ini sebaiknya Anda mendesain secara baik, biar ketika tumbuhan sudah tumbuh sesuai dengan apa yang Anda harapkan. Agar aquascape Anda mempunyai imbas depth usahakan pasir di belahan belakang aquarium lebih tinggi daripada pasir pada belahan depan.

4. Mengisi Air Pada Aquarium




Setelah selesai menciptakan dekorasi aquascape selanjutnya yaitu mengisi air. Ya, tentu setiap aquarium harus ada airnya dong? Pada tahap mengisi air ini merupakan tahap yang gampang akan tetapi bila dilakukan dengan cara yang salah akan berakibat fatal.
Kadang pada pemula menuangkan air dengan cara eksklusif menuang air secara eksklusif sehingga akan merusak pasir yang dijadikan dasar aquascape aquarium. Hal merupakan kesalahan yang sangat fatal lantaran akan menciptakan pasir berserakan selain itu juga pupuk akan eksklusif terlarut dalam air.
Cara yang benar yaitu dengan menggunakan koran atau kertas lain biar air tidak eksklusif mengenai pasir. Bentangkan koran seluruh penjuru aquarium gres menuangkan air di atasnya secara teratur.

5. Menanam Tanaman Hias pada Aquascape




Langkah terakhir dalam menciptakan aquascape yaitu menanam tumbuhan pilihan pada tempat yang telah ditentukan. Tahap ini sebetulnya bisa dilakukan sebelum aquarium diisi air atau sehabis diisi air. Isi aquarium hingga seperempat aquarium sehabis itu gres tanam.
Pada tahap ini Anda juga harus melaksanakan penataan peralatan ibarat outlet filter, peletakan pencahayaan, letak diffuser Co2 serta peralatan lainnya. Bila tumbuhan sudah ditanam semuanya gres isi air hingga penuh. Lalu buang airnya hingga 70% kemudian tambahkan kembali airnya.
Hal ini dilakukan untuk membuang kandungan amonia serta nutrisi pupuk yang larut pada air. Pada dikala awal ini jangan eksklusif menambahkan biota aquarium ibarat udang dan ikan, lantaran air masih mengandung banyak zat amonia yang bisa membunuh hewan-hewan tersebut.
Tunggulah hingga aquarium berumur 2 ahad atau hingga kandungan amonia dalam air bersih. Agar tampilan aquarium Anda makin sempurna, Anda bisa memelihara beberapa ikan hias dari air tawar yang sedang terkenal dikala ini.

Melakukan Perawatan Aquascape Pra Dekorasi





Setelah proses dekorasi dilakukan apa yang harus dilakukan? Kadang banyak sekali pertanyaan ibarat ini yang ditanyakan oleh pemula. Setelah selesai menciptakan dekorasi jangan membiarkan aquascape begitu saja, lakukanlah perawatan ibarat menguras aquarium sehari sekali sebanyak 30% pada ahad pertama, hal ini dilakukan untuk mempercepat cycle basil dan juga membuang racun yang dihasilkan oleh aquarium baru. Pada ahad kedua lakukan pengurasan setiap 3 hari sekali. Setelah itu seminggu sekali semuanya sebanyak 30% dan juga 50%. Selain itu tambahkan pupuk cair sehabis aquascape berumur 3 bulan. Perhatikan keseimbangan nutrisi dan cahaya serta Co2. Bila ketiga hal ini berjalan dengan seimbang, Anda tinggal menantikan aquascape tumbuh dengan indahnya

Kesimpulan :


Aquarium untuk aquascape memerlukan spesifikasi yang lebih "advanced" dibandingkan dengan untuk memelihara ikan biasa. Contohnya : beling yang dipakai harus lebih tebal, pengeleman harus lebih rapi dan kuat, dan lainnya.

    Mengapa ?

    Karena isinya BERAT ! selain pasir silica/soil yang digunakan, pemain aquascape biasanya juga menambahkan watu dan kayu yang beratnya bisa mencapai puluhan kilogram. Tentunya lantaran ini tekanan terhadap aquarium yang dipakai menjadi lebih besar.
    Ada kalkulator khusus untuk menghitung tingkat keamanan aquarium. Link nya akan saya posting belakangan. Jadi, jangan hingga udah buat aquascape cape-cape, eh pas udah mau jadi malah jebol lantaran tidak besar lengan berkuasa menahan tekanannya.

    Buatlah aquarium dengan volume paling besar yang sanggup dibeli dengan budget anda. Ada laba yang didapatkan dengan mempunyai aquarium besar, ibarat : ekosistem yang stabil lebih cepat terbentuk, juga hemat biaya : lantaran pada nantinya, niscaya aquascaper akan menginginkan aquarium yang lebih besar. Kaprikornus daripada beli 2 kali, mendingan beli yang gede aja sekalian.

    Filter
    Sebelumnya (baca: Sirkulasi Nitrogen). Filter yaitu kunci utama kejernihan aquarium dan kestabilan ekosistem di dalam aquarium kita.

    FUNGSI FILTER

Filter Mekanis
Hampir semua jenis filter yang dipakai berfungsi sebagai filter mekanis, yakni bertujuan untuk menyaring atau menangkap kotoran-kotoran yang mengalir melalui media filter. Semakin 'rapat' media filter, contohnya filter wool, semakin banyak kotoran yang sanggup disaring, termasuk kotoran yang berbentuk halus. Namun konsekuensinya, media filter tersebut cepat tersumbat (ditandai dengan semakin perlahannya arus air). Jadi, media filter harus dibersihkan secara teratur biar fungsi filter tetap bekerja dengan baik.
       
Filter Biologis
Dengan filter biologis berarti kita menyediakan tempat bagi pertumbuhan basil untuk mengurai amonia dan nitrit yang berbahaya bagi kehidupan ikan menjadi nitrat yang lebih tidak berbahaya. Bakteri pengurai tersebut sebetulnya juga tumbuh di dalam aquarium, ibarat di pasir, batu-batuan, dan bahkan tumbuhan air. Akan tetapi jumlah ini tidak cukup untuk mengurai amonia dan ditrit yang terbentuk di dalam aquarium. Oleh lantaran itu harus disediakan tempat yang lebih besar bagi pertumbuhannya, yakni di dalam media filter.
        Mengingat basil pengurai tersebut membutuhkan banyak oksigen untuk kehidupan dan pertumbuhannya, maka tersedianya oksigen sepanjang waktu yaitu mutlak. Hal ini sanggup tercapai bila :
            Arus air yang melalui media filter cukup kuat, sehingga oksigen sanggup berjumlah banyak.
            Menggunakan media filter yang banyak rongga dan tidak cepat tersumbat, contohnya bioball
       
Filter Kimiawi
Filter ini fungsi utamanya bukan untuk menyaring kotoran, tetapi untuk menciptakan kualitas air aquarium menjadi ibarat yang kita inginkan.

        Contoh media filter kimiawi :
            Karbon aktif
            Peat (humus)
            Ion Exchange Resin (IER)
            Reverse Osmosis
            Ultra Violet
            Manganese Green Sand
            Pasir Aktif
            Zeolit
            Dan lainnya

    Lampu

Sebagaimana di alam, tumbuhan membutuhkan sumber cahaya untuk tumbuh. Di dalam sebuah setup aquascape, lampu dipakai sebagai sumber cahaya yang lebih terkendali dibandingkan dengan matahari di alam aslinya.
   
Cahaya dibutuhkan tumbuhan untuk berfotosintesa, sebuah proses yang vital, yang menciptakan tumbuhan menciptakan energi yang kemudian disimpan dan dipakai untuk tumbuh. tanpa cahaya yang cukup, proses fotosintesa akan melemah dan kesehatan tumbuhan berkurang. Dengan menyediakan cahaya yang cukup, dikombinasikan dengan faktor-faktor lingkungan lainnya, tumbuhan sanggup melaksanakan proses ini di taraf yang optimal.
   

Tanaman menggunakan substrate bukan hanya untuk tempat untuk berakar, tetapi juga sebagai sumber nutrisi, dan untuk beberapa tanaman, yaitu tempat untuk bereproduksi. Kesulitan yang ditemui dikala bercocok tanam seringkali disebabkan oleh ketidak cocokan substrate.

Pasir / kerikil higienis dan bersifat inert (tidak menimbulkan reaksi kimia) sanggup menciptakan media yang cukup baik bagi tumbuhan untuk tumbuh. Ukuran substrate yang salah sanggup menimbulkan problem pada pertumbuhan tanaman. Ukuran partikel yang terlalu besar sanggup melepaskan pupuk yang sudah kita berikan di dalamnya. Bila substrate terlalu halus, sanggup memadat dan memberhentikan pergerakan oksigen dan nutrisi, yang menimbulkan kerusakan pada struktur akar. Ukuran substrate yang cocok bagi aquarium yaitu 1-3mm dan bentuknya membulat.

Ketebalan substrate juga berbeda bagi setiap jenis tanaman. Spesies ibarat Echinodorus dan beberapa jenis Cryptocoryne, membutuhkan substrate yang cukup dalam untuk menunjukkan keleluasaan bagi pertumbuhan akar. Lebih lengkap perihal substtrate (Baca: Apa Itu Substrate)

     

Salah satu yang mempercantik akuarium tersebut yaitu tanaman. Ada beberapa jenis tumbuhan yang bisa dipakai sebagai isi dekorasi aquascape anda dan sangat gampang tumbuhnya.

Berikut jenis-jenis tanaman aquascape yang bisa anda gunakan untuk menghias aquarium anda :

1. African Water Fern (Bolbitis)

African Water Fern (Bolbitis). Via : www.aquasabi.com
Jenis tumbuhan yang diberi nama African Water Fern (Bolbitis) mempunyai warna hijau muda atau sering dikenal sebagai epifit tropis. Tanaman ini banyak dijumpai di belahan yang banyak airnya dan tempat rawa.



2. Echinodorus Vesuvius




Seperti semua tumbuhan pada umumnya, tumbuhan ini akan berubah bentuknya kalau ditanam di dataran rendah atau tinggi. Namun, daun tumbuhan ini tumbuh dengan kebiasaan melingkar dan melilit menarik.


3. Cryptocorynes Becketti



Tumbuhan yang indah ini mempunyai tepi daun sedikit bergalur . Daun menjadi gelap zaitun, coklat dengan warna violet di belahan bawah . Seperti banyak Cryptocorynes lainnya, warna daun dan bentuk tergantung pada kondisi lingkungan di akuarium.


4. Pogostemon Stellata




Tanaman akuarium ini dikenal lantaran warna daunnya yang pink dan kemerahan. Tanaman ini berasal dari Asia dan Australia. Dalam aquascape tumbuhan ini biasanya dijadikan backgraund. Memelihara tumbuhan ini cukup sulit lantaran membutuhkan cahaya yang cukup tinggi serta CO2 yang tinggi.

5.Glossostigma Elatinoides



Tanaman ini sudah cukup terkenal di kalangan pencinta aquascape. Tanaman ini sering gunakan untuk belahan foreground. Glossostigma Elatinoides merupakan tumbuhan yang berasal dari perairan Selandia Baru, Australia serta Tasmania.

6. Echinodorus Tenellus




Sama dengan Glossostigma Elatinoides, Echinodorus Tenellus juga merupakan tumbuhan yang sering dipakai sebagai foreground. Tanaman ini mendiami tempat wilayah Amerika Selatan dan Amerika Utara. Tanaman ini paling banyak dicintai lantaran sangat gampang dalam perawatannya.

7. Riccia Fluitans Dwarf



Tumbuhan ini tumbuh dengan pencahayaan yang kurang. Tumbuhan ini juga dijadikan tumbuhan foreground dalam aquascape.

8. Hemianthus Callitrichoides





Tumbuhan ini memerlukan cahaya yang tinggi untuk membuatnya tumbuh subur dan rimbun. Tumbuhan ini juga sering dijadikan foreground. Tanaman ini ditemukan pertama kali di Kuba dan merupakan spesies tumbuhan dengan daun terkecil.

9. Hygrophila Difformis




Hygrophila Difformis merupakan tumbuhan air yang gampang dan ringan yang dipakai baik oleh pemula maupun aquarist berpengalaman. Tanaman ini orisinil dari benua India dan banyak ditemukan di wilayah India, Nepal, Bhutan dan Bangladesh. Tumbuhan ini tumbuh di air dangkal dan baik berakar atau mengambang dipermukaan air. Sebagian besar pertumbuhan terjadi selama ekspresi dominan hujan di alam liar, tetapi akan tumbuh sepanjang tahun di akuarium.

10. Mini Fissidens





Mini Fissidens (Fissidens Taxofilius) Memiliki bentuk ibarat jari-jari tangan yang dikembangkan atau daun kelapa. Mini fissidens sangat cocok untuk diikat pada watu atau diikat ke pohon untuk menunjukkan kesan natural.

11. Marsilea Hirsuta




Marsilea hirsuta merupakan tumbuhan aquascape yang sangat baik hati dan dermawan. Tanaman ini akan menyerap karbondioksida dan gas-gas berbahaya lainnya, kemudian menghambur-hamburkan oksigen ke segala penjuru sudut aquarium anda

12. Monte Carlo

Micranthemum “monte carlo” yaitu tumbuhan akuatik yang sangat suka dengan CO2. Jadi, sebanyak apapun kadar karbondioksida di sekitarmu, tumbuhan ini dengan sukarela akan melahapnya.






13. Elatine

Elatine yaitu tumbuhan yang cocok dijadikan sebagai carpet plant. Di alam bebas biasanya mereka tumbuh di area yang berlumpur.






14. Egeria Densa



Egeria Densa merupakan salah satu tumbuhan yang tetap terkenal sepanjang waktu. Tanaman ini sanggup menyesuaikan diri baik di cahaya tinggi ataupun cahaya rendah. Ketika tumbuh di cahaya tinggi maka akan menampilkan warna hijau gelap dan tumbuh lebih panjang dalam waktu singkat, tetapi bila di cahaya rendah maka daun dan batang tumbuhan akan merunduk, menjadi lebih tipis dan warna tumbuhan akan kelihatan lebih pucat.

15. Lilaeopsis


Lilaeopsis brasiliensis dari Amerika Selatan sanggup tumbuh sangat kompak, tapi “efek rumput ” (4-7 cm) hanya dicapai pada intensitas cahaya tinggi. Saat anda ingin menanamnya di akuarium, sebaiknya gumpalan kecil (kira-kira. 1/8 pot) harus ditempatkan beberapa sentimeter terpisah untuk membantu tumbuhan tumbuh bersama lebih cepat.



Sebaiknya juga tempatkan tumbuhan di posisi terbuka tanpa bayangan dari tumbuhan lain untuk memastikan cahaya yang tak terhalang. Lilaeopsis brasiliensis sanggup dipakai di kolam taman, dan juga mentolerir konsentrasi garam rendah di akuarium payau.


16. Tiger Lotus

Tiger Lotuses yaitu pad lily. Hal ini mengejutkan untuk beberapa orang lantaran mereka bukan daun putaran alas lily orang yang dekat dengan, teratai harimau mempunyai daun panah berbentuk. Daun merah sanggup menyebarkan mencat bergaris bawah pencahayaan yang berat.
Teratai harimau merah akan mempunyai royal ungu di sisi belahan bawah daun. Namun, kalau besi yang cukup tidak hadir, teratai harimau merah sanggup menghasilkan daun hijau.



Teratai Tiger menghasilkan bunga yang sangat aromatik yang biasanya putih. Tergantung pada spesies, beberapa varietas akan menghasilkan bunga berwarna biru atau merah. Banyak kombinasi warna ini tersedia lantaran pembiakan selektif dan hibridisasi selama berabad-abad dan benua.


17. Anubias Nana




Anubias barteri var. nana yaitu tumbuhan menarik kecil yang tumbuh subur di segala kondisi. Ini berasal dari Kamerun dan akan mencapai ketinggian 5-10 cm. Rimpang bisa mencapai 10-15 cm atau lebih tumbuh lambat dan daun bertahan selama beberapa tahun, menunjukkan lambat tumbuh ganggang kesempatan untuk menjadi mapan.

Hasil terbaik dicapai dengan menanam pada watu atau pohon akar. Memancing garis sanggup dipakai untuk melampirkan tumbuhan hingga ia mencapai pegangan. Jika ditanam di belahan bawah rimpang tidak harus ditutupi lantaran cenderung membusuk. Ini bunga sering di bawah air. Hal ini tidak dimakan oleh ikan herbivora.

18. Echinodorus

Echinodorus (burhead atau tumbuhan pedang Amazon) yaitu genus dari tumbuhan dalam keluarga alismataceae dan didistribusikan di belahan bumi barat dari pusat Amerika Serikat ke Argentina.




Echinodorus adalah nama ilmiah yang berasal dari Yunani Kuno echius – kulit kasar, dan Doros – botol dari kulit. Beberapa spesies “dipersenjatai” kepala berduri buah. Beberapa spesies umumnya dibudidayakan di habitat perairan buatan.


19. Amazon Sword


Amazon Sword yaitu tumbuhan akuarium air tawar terkenal dikenal untuk daun hijau subur dan akar yang kuat, sehingga tumbuhan yang baik untuk pemula.

20. Java Moss


Java Moss yaitu salah satu tumbuhan yang paling gampang untuk tumbuh dalam aquascape dan itu yaitu tumbuhan yang bagus untuk pemula.




21. Ludwigia Inclinata

Ludwigia Inclinata yaitu tumbuhan sangat bervariasi dari Amerika Tengah dan Selatan. Tanaman ini sanggup ditemukan tumbuh rimbun di rawa-rawa atau terendam dalam air yang bergerak cepat.

22. Java Fern


Java Fern yaitu tumbahan yang indah di habitat air tawar dan bisa ditanam di dalam akuarium. Tumbuh bisa mencapai tinggi sekitar 8 inci dengan merayap dan warna rimpang yang hijau.


23. Elecharis acicularis




Eleocharis Acicularis yaitu spesies spikesedge dikenal dengan nama-nama pasarannya jarum spikerush.


24. Cabomba Carolinia

Cabomba Carolinia yaitu tumbuhan kekal herba orisinil perairan Amerika Utara. Sekarang tumbuhan ini juga yaitu menjadi salah satu simbol Nasional di Australia.


25. Glosso


Glosso yaitu Glossostigma elatinoides atau familiar dengan sebutan glosso. Tumbuhan yaitu salah satu tanaman aquascape yang tampak ibarat karpet dan biasanya berfungsi sebagai foreground. Daunnya merupakan salah satu daun tumbuhan yang terkecil yang ada di dunia.



Yang Harus Anda Perhatikan Dalam Hal Merawat Tanaman Air di dalam Aqurium !


Fotosintesa dan kaitannya dengan CO2, Nutrisi, dan Lampu

Fungsi unik yang dimiliki oleh tumbuhan yaitu kemampuannya untuk mengambil energi dari cahaya, CO2, dan air, menggunakan proses yang disebut fotosintesa.

Sel-sel fotosintesa yang berada di serat daun dan batang mengandung pigmen-pigmen yang menjerat energi cahaya untuk memecah struktur molekul air (H2O) menjadi hidrogen dan oksigen. Hidrogen kemudian mengikat carbon dioxida (CO2) dan oksigen (O2) untuk membentuk glukosa (zat gula) sebagai sumber penting dari energi. Oksigen yang merupakan sisa dari pembakaran ini, kemudian dilepas ke dalam air, di mana kemudian dipakai oleh basil dan binatang lain, atau kemudian dilepaskan ke permukaan air. Hasil dari fotosintesa ini kemudian disimpan di aneka macam belahan dari tanaman, ibarat di akar belahan atas. Beberapa tumbuhan sanggup menempatkan zat ini dalam jumlah yang besar di struktur akar yang berbeda. Contohnya, banana plant (Nymphoids aquatica) yang menghasilkan beberapa akar yang berbentuk "pisang" untuk menyimpan zat ini dan nutrisi lainnya. Banyak tumbuhan yang menyimpan glukosa dan nutrisi ini di rhizomes, bulbs, dan tubers untuk kemudian sanggup disalurkan kembali ke bagian-bagian tumbuhan lain bila dibutuhkan.


--> SELANJUTNYA


Demikianlah Artikel Cara Gampang Mempelajari Aquascape Seni Menciptakan Taman Di Dalam Aquarium

Sekianlah artikel Cara Gampang Mempelajari Aquascape Seni Menciptakan Taman Di Dalam Aquarium kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel Cara Gampang Mempelajari Aquascape Seni Menciptakan Taman Di Dalam Aquarium dengan alamat link https://caraberinovasi.blogspot.com/2009/05/cara-gampang-mempelajari-aquascape-seni.html

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel