Cara Menciptakan Takjil Sehat Rendah Lemak Dan Kalori Rasa Tetap Lezat

Cara Menciptakan Takjil Sehat Rendah Lemak Dan Kalori Rasa Tetap Lezat - Hallo sahabat cara berinovasi, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Cara Menciptakan Takjil Sehat Rendah Lemak Dan Kalori Rasa Tetap Lezat, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel Tentang Masakan, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : Cara Menciptakan Takjil Sehat Rendah Lemak Dan Kalori Rasa Tetap Lezat
link : Cara Menciptakan Takjil Sehat Rendah Lemak Dan Kalori Rasa Tetap Lezat

Baca juga


Cara Menciptakan Takjil Sehat Rendah Lemak Dan Kalori Rasa Tetap Lezat

Berbuka puasa dengan aneka Takjil yang menggugah selera ialah sesuatu hal yang sangat menciptakan happy, biar kesehatan anda tetap terjaga meskipun berpuasa anda masih tetap sanggup mengatur asupan kalori sehingga tubuh tidak menjadi melar sesudah puasa. Selain itu anda juga harus berusaha menjaga jumlah asupan kalori seimbang yang masuk kedalam tubuh anda, biar tubuh anda sanggup tetap sehat ketika lebaran tiba, mengkonsumsi kuliner cantik memang penting dan bermanfaat bagi tubuh manusia, tetapi jikalau hingga berlebihan apakah anda kemudian akan membiarkan berat tubuh ideal anda menjadi terganggu hanya lantaran kuliner cantik tersebut, dan kondisi kesehatan anda juga akan menjadi lebih jelek lantaran tertimbunnya kalori di dalam tubuh anda ! oleh lantaran itu sangatlah penting anda perhatikan jenis materi - materi Takjil yang anda komsumsi selama bulan ampunan ini. biar lebih sehat kami anjurkan anda mengkonsumsi aneka takjil yang rendah kalori, dalam hal ini anda sanggup memesan khusus atau membuatnya sendiri di rumah, Ayo kita Pelajari Caranya Membuat Takjil Sehat Rendah Kalori Rasa Tetap Lezat.

Sebelum anda mencoba beberapa resep Cara Membuat Takjil Sehat Rendah Kalori Rasa Tetap Lezat yang akan kami uraikan di bawah ini, ada baiknya anda menyimak salah satu video tutorial berikut ini yang menunjukkan sedikit citra wacana materi - materi dasar takjil sehat dan Tetap lezat. selamat menyimak !


--> SELANJUTNYA


Agar anda bis tetap sanggup ramping selama bulan ampunan hingga lebaran nanti tetapi kesehatan anda pun terjaga ketika menjalani ibadah puasa, anda harus arif - pamdai dalam menentukan sajian kuliner buka puasa yang sifatnya cantik tetapi tetap rendah kalori. Berikut ini ialah sajian buka puasa yang biasa dikonsumsi ketika berbuka puasa dan keterangan Jumlah kalorinya.

Klepon dan Tiramisu
Anda tentu sudah tidak absurd dengan jajanan yang biasanya berbentuk bundar berwarna hijau dan di dalamnya terdapat gula merah cair ini. Ya, klepon memang sangat lezat. Jajanan khas Indonesia yang satu ini mempunyai kandungan kalori sebanyak 166kkal, karbohidrat 32.8 gram, dan 2.5 gram protein plus 2.8 gram lemak.


Sementara Tiramisu, kuliner yang mempunyai tekstur lembut dengan kelezatan khasnya mempunyai kandungan kalori 231 kkal, 5.7 gram lemak, 39.8 gram karbohidrat, dan 4.9 gram protein. Dari sini terlihat terang bahwa jumlah kalori klepon lebih rendah jikalau dibandingkan dengan kalori dari Tiramisu.

 

Kolak dan Brownies
Sajian takjil dan sajian buka puasa rendah kalori selanjutnya sanggup Anda pilih dari kolak atau brownies. Dua sajian kuliner ini merupakan sajian andalan berbuka puasa. Sebagai informasi, minuman bersantan kolak dengan ukuran satu mangkuk plus isi pisang dan ubi merah sanggup mengandung 189.4 kkal, 21 gram lemak, 3.75 gram protein, dan yang paling penting mengandung 3.7 gram serat. Anda sanggup menahan lapar dengan mengkonsumsi kolak ini.


Sedangkan Brownies mengandung 339 kkal, 0.04 gram serat, 18.6 gram karbohidrat, dan 33.5 gram lemak untuk pecahan ukuran sedang.


Bubur Sumsum dan Black Forest
Terakhir, Anda sanggup bandingkan bubur sumsum dengan Black Forest. Untuk Anda ketahui, bubur sumsum mempunyai kandungan karbohidrat sebanyak 68.8 gram, lemak 7.5 gram, kalori 353.11 kkal, protein 3.58 gram, dan serat sebanyak 1.6 gram.



Berbeda dengan Black Forest yang setiap potongannya mengandung kurang lebih 204 kkal, 12.7 gram lemak, 4.5 gram protein, dan karbohidrat sebnyk 18.5 gram.



Dengan sekilas informasi kandungan sajian berbuka puasa rendah kalori di atas, Anda akan jauh lebih tahu dan sanggup menentukan kuliner mana yang pas untuk Anda konsumsi ketika berbuka puasa sebagai perjuangan untuk menjaga berat tubuh Anda.


Namun Makanan - kuliner di atas belum cukup redah kalorinya, jikalau anda konsumsi dalam jumlah cukup banyak dan rutin setiap hari selama satu bulan tentunya akan sangat berbahaya juga bagi kesehatan anda... oleh lantaran itu kami akan menunjukkan sedikit informasi perhiasan mengenai Cara Membuat Takjil Sehat Rendah Lemak dan Kalori Rasa Tetap Lezat berikut ini uraian lengkapnya.

Resep Takjil Sehat Kurma Isi Lapis Coklat Low Sugar

erbuka puasa dengan aneka Takjil yang menggugah selera ialah sesuatu hal yang sangat memb Cara Membuat Takjil Sehat Rendah Lemak dan Kalori Rasa Tetap Lezat

  • Bahan Kurma Isi Lapis Coklat :
  1. 30 buah kurma
  2. 50 gr kacang mede utuh
  3. 150 gr dark cooking chocolate leleh - Low Sugar
  4. 30 gr white cooking chocolate leleh - Low Sugar
  • Cara Membuat Kurma Isi Lapis Coklat :
  1. Pertama panggang kacang mede hingga berwarna agak kecoklatan. Angkat dan dinginkan.
  2. Lalu potong salah satu sisi kurma, namun jangan terputus, buang bijinya, masukkan satu buah kacang mede kedalam kurma.
  3. Setelah itu gulingkan kurma yang telah diisi kedalam dark cooking chocolate yang telah dilelehkan, angkat.
  4. Susun diatas rak dengan diberi jarak hingga tidak saling menempel, dinginkan hingga coklat mengeras. Setelah coklat mengeras, hias atasnya dnegan white cooking chocolate yang telah dilelehkan. Dinginkan kurma hingga cokelat mengeras. Dan masukkan ke dalam toples yang rapat. Sajikan.
  5. Untuk 30 buah.

Resep Takjil Sehat Kue Kurma

erbuka puasa dengan aneka Takjil yang menggugah selera ialah sesuatu hal yang sangat memb Cara Membuat Takjil Sehat Rendah Lemak dan Kalori Rasa Tetap Lezat

  • Bahan Kue Kurma :
  1. Tepung terigu 225 gram
  2. Kurma jenis kering 50 gram, potong kecil-kecil
  3. Cornflakes 25 gram, hancurkan hingga membentuk remahan
  4. Mentega tawar 150 gram
  5. Gula bubuk Rendah kalori 75 gram, ayak
  6. Susu bubuk putih 2 sendok makan
  7. Vanili bubuk 1/2 sendok teh
  8. Baking powder 1 sendok teh
  9. Soda camilan cantik 1/4 sendok teh
  • Cara Membuat Kue Kurma :
  1. Langkah pertama, ayak tepung terigu, susu bubuk, baking powder dan baking soda, campur menjadi satu, kemudian sisihkan.
  2. Langkah kedua, kocok gula, mentega dan vanili hingga tercampur dan lembut.
  3. Langkah empat, masukkan adonan tepung terigu sedikit demi sedikit, aduk terus hingga tercampur rata.
  4. Langkah kelima, masukkan kurma dan cornflakes, aduk hingga rata.
  5. Langkah keenam, ambil sedikit adonan, kemudian buat berbentuk bulatan, kemudian sedikit tekan hingga menjadi pipih. Anda sanggup menggunakan garpu untuk memipihkan adonan.
  6. Langkah ketujuh, susun camilan cantik yang sudah dicetak di atas loyang yang telah dioles menggunakan mentega tipis.
  7. Langkah kedelapan, panggang camilan cantik dengan panggangan bersuhu 170 derajat celsius kurang lebih selama 25-30 menit. Tunggu hingga camilan cantik matang.
  8. Terakhir, angkat dan dinginkan dalam suhu ruangan, kemudian sanggup Anda susun di dalam toples untuk segera disajikan.

Resep Takjil Sehat Kue Cubit

erbuka puasa dengan aneka Takjil yang menggugah selera ialah sesuatu hal yang sangat memb Cara Membuat Takjil Sehat Rendah Lemak dan Kalori Rasa Tetap Lezat

  • Bahan Kue Cubit :
  1. 100 gram tepung terigu segitiga biru, ayak dulu.
  2. 100 gram gula rendah Kalori
  3. 100 gram margarin, cairkan
  4. 3 butir telur ayam
  5. 1/4 sdt soda kue
  6. 1/2 sdt baking powder
  7. 1 sachet vanilli
  • Topping Kue Cubit :
  1. Meses secukupnya
  2. Keju parut Secukupnya
  • Cara Membuat Kue Cubit :
  1. Kocok telur dan gula dalam wadah besar menggunakan mixer dengan kecepatan tinggi hingga adonan mengembang dan putih.
  2. masukan tepung sedikit demi sdikit aduk hingga rata, masukan margarin yang sudah dicairkan, soda camilan cantik dan baking powder aduk lagi dengan spatula hingga tercampur rata.
  3. Masukan adonan kedalam wadah yang ada corongnya, menyerupai teko supaya lebih gampang ketika menuang kedalam cetakan.
  4. panaskan cetakan yang sebelumnya sudah diolesi margarin, jikalau sudah panas tuang adonan kedalam cetakan cukup setengahnya saja jangan terlalu penuh.
  5. Panggang hingga setengah matang, buka tutup cetakan kemudian taburi dengan meses dan keju, tutup kembali kemudian panggang hingga matang.
  6. Keluarkan dari cetakan dan sajikan.

 Resep Takjil Sehat Pie Buah

erbuka puasa dengan aneka Takjil yang menggugah selera ialah sesuatu hal yang sangat memb Cara Membuat Takjil Sehat Rendah Lemak dan Kalori Rasa Tetap Lezat

  • Bahan Kulit Pie :
  1. 500 gram tepung terigu protein rendah
  2. 125 gram gula halus Rendah Kalori
  3. 300 gram margarin
  4. 1 sdm susu bubuk
  5. 3 butir kuning telur
  • Cara Membuat Kulit Pie :
  1. Kocok margarin dan gula halus hingga lembut. Gunakan mixer kecepatan tinggi kurang lebih 4 menit.
  2. Tuang kuning telur satu persatu hingga rata. Matikan mixer.
  3. Masukkan tepung terigu dan susu yang sudah diayak, aduk rata menggunakan spatula.
  4. Cetak adonan pie dalam cetakan pie mini diameter 6 cm yang sudah dioles dengan margarin tipis.
  5. Tusuk bab bawah adonan pie dengan garpu.
  6. Panggang adonan dalam panggangan bersuhu 160 derajat celsius hingga matang.
  7. Setelah matang, angkat, keluarkan dari cetakan dan dinginkan pada suhu ruangan.
  • Bahan Vla Untuk Pie Buah :
  1. 700 ml susu cair
  2. 125 gram gula halus Rendah Kalori
  3. 75 gram tepung maizena
  4. 2 butir kuning telur
  5. 2 sdm butter
  6. ½ sdt pasta vanila
  • Cara Membuat Vla Untuk Pie Buah :
  1. Rebus 500 ml susu cair dan gula hingga mendidih, aduk sesekali biar gula cepat larut.
  2. Larutkan tepung maizena dengan sisa susu, campur dengan kuning telur dan aduk hingga rata.
  3. Tuang larutan maizena dan telur dalam susu yang masih direbus. Aduk cepat hingga adonan mengental dan menghasilkan gelembung meletup.
  4. Masukkan butter dan pasta vanila, aduk hingga rata, angkat.
  • Buah Hiasan Untuk Pie Buah :
  1. Anda sanggup menggunakan pecahan strawberry segar, jeruk kalengan, pecahan kiwi segar atau buah kalengan lain.
  • Cara Penyajian Pie Buah :
  1. Tuang vla di dalam pie yang sudah dingin.
  2. Hias bab atas dengan buah-buahan.


Resep Takjil Torakur (Tomat Rasa Kurma)

erbuka puasa dengan aneka Takjil yang menggugah selera ialah sesuatu hal yang sangat memb Cara Membuat Takjil Sehat Rendah Lemak dan Kalori Rasa Tetap Lezat

  • Bahan Torakur (Tomat Rasa Kurma) :
  1. 1000 gr tomat merah
  2. 200 gr gula Rendah Kalori
  3. 1 sdt kapur sirih, larutkan dalam air
  • Cara Membuat Torakur (Tomat Rasa Kurma) :
  1. Cuci higienis tomat yang sudah disiapkan, kemudian rendam tomat selama 2 jam kedalam kapur sirih yang sudah dilarutkan ke dalam air.
  2. Letakkan tomat di telapak tangan, tekan dengan ke dua tangan hingga biji tomat keluar, sesudah itu basuh tomat dengan air bersih.
  3. Taruh dan susun tomat ke dalam panci, sesudah itu taburkan gula pasir ke atasnya. Lalu tutup dan diamkan semalaman hingga keluar air.
  4. Masak tomat dengan api kecil, tunggu hingga air habis dan mengering tapi jangan hingga gosong, angkat dan tunggu hingga dingin.
  5. Ambil tomat satu per satu dan bentuk menyerupai kurma, dan taruh diatas loyang dan rapikan.
  6. Jemur tomat dengan menggunakan terik matahari selama 3 s/d 4 hari hingga kering dan terlihat menyerupai kurma.
  7. Angkat dan simpat didalam daerah yang kering dan rapat menyerupai toples, sajikan.
  • Tips Membuat Torakur (Tomat Rasa Kurma) :
  1. Pilih tomat merah yang belum terlalu matang (masih agak keras) dengan ukuran sedang dan sama besar.
  2. Saat menjemur di bawah terik matahari, jangan lupa ditutup dengan daun pisang atau nyiru, untuk menghindari debu dan hewan yang tidak diinginkan.

Berapakah Sebenarnya Kebutuhan Kalori Anda Yang Normal Setiap Harinya ?

Berikut cara menghitungnya :

1. Tentukan berat tubuh ideal (BB)Langkah awal yang harus diketahui ialah tinggi tubuh (TB) yang Anda miliki ketika ini. Berat tubuh (BB) ideal sanggup diperhitungkan dengan cara:
BB Ideal = 0,9 x (TB-100). Ini akan menentukan berapa bobot tubuh yang seharusnya Anda miliki. Para laki-laki biasanya mempunyai kelebihan berat tubuh lantaran mempunyai massa otot yang lebih besar, sedangkan wanita lebih berat lantaran massa lemaknya yang lebih tinggi.
Contoh : jikalau Anda ialah seorang wanita berusia 45 tahun dan mempunyai tinggi tubuh 165 c, maka BB ideal ialah = 0,9 x (165-100) = 58,5 kg.

2. Hitung kebutuhan basal (KB)Kebutuhan basal (KB) ialah kebutuhan minimal yang diperlukan untuk memenuhi kebutuhan ketika tidur atau istirahat. "Ini merupakan kebutuhan energi dan kalori yang paling fundamental untuk menggerakan jantung, paru, usus dan pencernaan saja," jelasnya. Kebutuhan basal laki-laki dan wanita ini berbeda satu sama lain.
KB wanita = BB Ideal x 25 KKal
KB laki-laki = BB Ideal x 30 KKal
Contoh : KB = 58,5 x 25 Kkal = 1462,5 Kkal

3. Aktivitas fisik (AF)
Rata-rata semua orang niscaya mempunyai kegiatan masing-masing. Asupan kalori tubuh ini juga dipengaruhi oleh kegiatan yang dilakukan. Secara umum ada tiga kategori kegiatan fisik yang dilakukan yaitu ringan, sedang, dan berat. Aktivitas fisik ini dihitung dari total kebutuhan basal.
Aktivitas ringan (10-20 persen) : Menyetir kendaraan beroda empat (10 persen), mengajar (20 persen), berjalan (20 persen), kerja kantoran (10 persen), memancing (20 persen), membaca (10 persen).
Aktivitas sedang (20-30 persen) : kerja rumah tangga (20 persen), bersepeda (30 persen), bowling (20 persen), berjalan cepat (30 persen), berkebun (30 persen).
Aktivitas berat (40-50 persen) : aerobik (40 persen), bersepeda mendaki (40 persen), panjat tebing (50 persen), dansa (40 persen), jogging (40 persen), atlit (50 persen).
Jika dalam satu hari Anda banyak beraktivitas, maka kebutuhan kegiatan yang diambil ialah kegiatan yang paling sering dilakukan setiap harinya.
Contoh : Jika sehari-hari Anda beraktivitas sebagai ibu rumah tangga maka, kegiatan fisik Anda ialah = 20% x 1462,5 (kebutuhan basal) = 292,5 Kkal.

4. Koreksi usia (KU)
Usia juga akan mempengaruhi kebutuhan kalori seseorang. Semakin bertambahnya usia, maka kebutuhan kalori dan asupan makanannya pun semakin sedikit.
Untuk Anda yang berusia  40-59 tahun, maka koreksi usianya mencapai 5 persen, usia 60-69 tahun maka koreksinya 10 persen, dan usia lebih dari 70 tahun koreksinya 20 persen.
Contoh: Jika Anda berusia 45 tahun, maka faktor koreksinya ialah 5 persen. Sehingga koreksi usia Anda ialah = 5 % x 1462,5 Kkal (kebutuhan basal)  = 73,125 Kkal.

5. Total kalori yang diperlukan (TK)
Setelah mendapat semua komponen yang dibutuhkan, maka total kalori (TK) sehari ini sanggup dihitung dengan rumus:
TK = KB + AF - KU 
Contoh : dari perhitungan di atas diperoleh data, BB = 58,5 kg, KB = 1462,5 Kkal, AF = 292,5 Kkal, KU = 73,125 Kkal. Maka kebutuhan kalori per hari adalah
Taman Kanak-kanak = 1462,5 + 292.5 -73,125 = 1681,875 Kkal per hari.


Agar Kesehatan Anda Tetap terjaga selama menjalankan ibadah puasa, maka sebaiknya anda Menghidari jenis - jenis kuliner - kuliner berikut ini :
1. Hindari Gorengan

Gorengan seringkali menjadi Takjil wajib ketika buka puasa, namun sayangnya para andal kesehatan tidak menyarankan kuliner murah meriah ini anda konsumsi di ketika berbuka puasa. Karena dampak jelek gizinya bukan hanya kegemukan tapi juga menciptakan sejumlah organ tubuh harus kerja keras memproses lemak yang masuk kedalam tubuh anda ! ketika puasa, kita kehilangan banyak karbohidrat, protein dan air, tapi tidak untuk lemak. Untuk itu, tidak dianjurkan makan gorengan ketika buka puasa lantaran lemak akan bertambah dan menciptakan tubuh makin gemuk dan melar.

2. Hindari Air Es

Saat perut kosong, minum air es sanggup menciptakan tubuh tidak nyaman. "Sewaktu puasa, suhu tubuh kita menghangat sehingga akan lebih baik minum air hangat ketika buka puasa," kata Saptawati. (Baca selengkapnya: Berbuka puasa sebaiknya minum air hangat.

3. Hindari Makanan asam dan pedas

Tak hanya gorengan, kuliner yang rasanya asam dan pedas, baiknya dihindari ketika buka puasa. Masalahnya, kedua kuliner ini sanggup mengiritasi lambung lantaran perut kosong dalam waktu lama. Para Ahli penyakit dalam mengatakan, buka puasa dengan kuliner asam dan pedas secara pribadi sanggup merusak dinding lambung.

4. Hidarilah Makanan bersantan kental

Mengonsumsi terlalu banyak kuliner bersantan ketika buka puasa juga sanggup meningkatkan kolesterol jahat (LDL). "Santan itu berbahaya lantaran mengandung lemak tak jenuh sehingga bagi penderita maag, kuliner ini sanggup melukai lambung,

5. Kurangi Makan Daging

Saat berbuka puasa, ada baiknya kita menahan diri untuk mengonsumsi beberapa jenis kuliner menyerupai daging. Menurut andal gizi, daging ialah salah satu kuliner yang sulit dicerna, jikalau dibandingkan dengan jenis kuliner lainnya, proses pencernaan daging membutuhkan waktu yang lebih lama. Hal ini mengakibatkan metabolisme jadi lambat dan tubuh akan gampang gemuk. Ini tidak berarti Anda sama sekali dihentikan mengonsumsi daging selama puasa. Sebaiknya konsumsi daging dalam jumlah yang sempurna dan imbangi dengan asupan serat yang cukup.


--> SELANJUTNYA



Demikianlah Artikel Cara Menciptakan Takjil Sehat Rendah Lemak Dan Kalori Rasa Tetap Lezat

Sekianlah artikel Cara Menciptakan Takjil Sehat Rendah Lemak Dan Kalori Rasa Tetap Lezat kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel Cara Menciptakan Takjil Sehat Rendah Lemak Dan Kalori Rasa Tetap Lezat dengan alamat link https://caraberinovasi.blogspot.com/2009/05/cara-menciptakan-takjil-sehat-rendah.html

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel