Cara Membersikan Sensor Kamera Dslr Yang Kotor Dan Berjamur

Cara Membersikan Sensor Kamera Dslr Yang Kotor Dan Berjamur - Hallo sahabat cara berinovasi, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Cara Membersikan Sensor Kamera Dslr Yang Kotor Dan Berjamur, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel Tentang Fotografi, Artikel Tentang Hobby, Artikel Tentang Tehnik, Artikel Tip's, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : Cara Membersikan Sensor Kamera Dslr Yang Kotor Dan Berjamur
link : Cara Membersikan Sensor Kamera Dslr Yang Kotor Dan Berjamur

Baca juga


Cara Membersikan Sensor Kamera Dslr Yang Kotor Dan Berjamur

Kepingan Sensor yang berwarna pelangi dan berkilau pada kamera DSLR ( Digital Single-Lens Reflex ) yaitu serpihan yang sangat sensitif dan sangat memilih kwalitas dari hasil foto kamera tersebut, sekecil apapun kotoran maupun jamur yang melekat pada sensor kamera DSLR tersebut maka akan tampak terang terlihat pada hasil fotonya. Biasanya bila anda sehabis Traveling ke tempat - tempat dengan kelembaban udara yang extrim ibarat di sekitar air terjun, atau pegunungan berkabut serta kolam renang, hingga dengan kawasan yang berdebu, tentu saja kamera anda rentan berjamur dan kemasukan partikel debu - debu micro. Jika jamur tersebut tumbuh di lensa mungkin lebih gampang membersihkannya, bagaimana bila jamur dan debu micro tersebut berada di permukaan kepingan sensor kamera DSLR anda ? bila hal ini terjadi maka di perlukan keberanian dan ke hati - hatian ekstra untuk membersihkan kotoran maupun jamur yang ada di permukaan sensor tersebut, lantaran bila anda orangnya ceroboh, ragu - ragu dan bimbang maka kami tidak sarankan anda membersihkan sensor kamera DSLR anda, apalagi kamera anda masih bergaransi, maka sebaiknya anda bawa ke service center dan membersihkannya di sana dengan penanganan alat - alat yang memadai serta tenaga profesional. Lain halnya bila isi dompet anda pas - pasan dan kamera anda juga sudah tidak bergaransi, maka anda bisa lakukan cara nekat ini untuk menyelamatkan kamera DSRL kesayangan anda yang kotor sensornya. Namun anda tetap bisa membersihkannya sendiri tanpa harus keluar uang banyak.


Agar proses pencucian kamera DSLR anda berjalan dengan lancar dan sukses, anda harus mempunyai perlengkapan sederhana yang biasa di sebut Lens Cleaning Kit yang berisi, cairan pembersih kaca, lap khusus yang lembut, karet peniup debu atau blower, kuas yang lembut ( censor brush ), untuk lebih lengkapnya bisa anda lihat spesifikasi beserta kelengkapnya silahkan Klk di --->  SINI
 


Beberapa pola Lens Cleaning Kit yang murah meriah namun berkwalitas, ramah lingkungan serta  sudah banyak di jual di pasaran beserta kelengkapannya bisa juga anda simak selengkapnya di --> SINI



Sebelum kita membahas lebih jauh wacana bagaimana proses dan cara membersihkan Sensor kamera DSLR dengan metode yang aman, Silahkan anda simak terlebih dahulu cuplikan video tutorial berikut ini yang akan membuka wawasan anda bahwa membersihkan sensor kamera DSLR itu tidak sulit. silahkan di simak.










Berikut ini Langkah - Langkah Yang Harus anda Lakukan Sebelum anda tetapkan untuk membersihkan sensor kamera DSLR anda.


Ternyata tidak semua sensor kamera DSLR mempunyai tata letak yang sama. oleh alasannya yaitu itu di sarankan anda untuk mengecek buku manua terlebih dahulul yang ada pada paket penjualan, atau browsing ke situs resmi merek dan type kamera DSLR anda.


Pada dikala sebelum dimemulainya proses pencucian sensor kamera DSLR anda, yang penting yaitu harus memastikan bahwa anda memang sudah memahami bagaimana proses kerjanya dan mempunyai keyakinan bahwa Anda bisa melakukannya.

Pada Proses selanjutnya Ketika anda membersihkan sensor kamera, pastikan anda melaksanakan pekerjaan ini di lingkungan yang higienis dan bebas debu. Pastikan juga bahwa alat-alat yang Anda gunakan tidak berdebu dan kotor. Karena pada dikala proses membersihkan sensor kamera, berhati-hatilah dan pastikan tidak ada partikel keras yang terjebak di antara perangkat pencucian dan sensor, alasannya yaitu partikel keras sekecil apa pun berpotensi mengakibatkan ukiran pada permukaan sensor kamera DSLR anda, bila hingga tergores, maka tamatlah riwayat sensor anda.


Berikut ini kita masuk ke langkah pencucian Sensor Kamera DSLR anda :
ensor yang berwarna pelangi dan berkilau pada kamera DSLR  Cara Membersikan Sensor Kamera DSLR Yang Kotor dan Berjamur



Nyalakan kamera dan masuk ke Menu Manual Cleaning Sensor (pastikan baterai dalam keadaan FULL, dan Kamera tetap pada posisi ON, sehingga shutter curtain/Mirror terangkat dan terlihat Sensornya.)

Langkah pertama yang harus dilakukan yaitu hilangkan debu memakai karet penyemprot debu ( blower ) Jangan hingga meniup debu yang melekat di sensor kamera dengan alat yang tidak memadai, pastikan anda memakai Lens Cleaning Kit yang memang khusus untuk membantu proses pencucian senosr kamera DSLR,  lantaran bila hal ini di abaikan sanggup beresiko merusak kamera anda. Perlu di ingat juga, Ujung blower di usahakan jangan masuk melebihi Lens Mounting, semoga debu yang melekat pada sensor tertiup dan terjatuh keluar dari bodi kamera.


Selain blower, kita juga sanggup memakai sikat lembut atau yang lebih dikenal dengan nama censor brush. Alat ini mempunyai bulu lembut yang sanggup menghilangkan partikel debu. Namun jangan lupa untuk selalu membersihkan sikat setiap kali mengusap sensor-nya - Prosesnya adalah Letakanlah kamera DSLR anda pada permukaan yang rata dan bersih, Sapulah seluruh serpihan sensor dengan hati – hati  mulai dari tepi yang satu ke tepi yang lain dan ke serpihan sensor dari tengah ke tepi ( searah ) ingat ya harus dengan perlahan dan hati – hati  (tidak boleh ditekan terlalu keras), dikala proses pencucian ini jangan lupa gunakan penerangan yang memadai.

Pada langkah terakhir bila memang sensor kamera DSLR Anda dihinggapi debu atau kotoran yang membandel atau sangat sulit dibersihkan, mungkin berupa jamur yang melekat di permukaan sensor, maka anda untuk memakai metode wet cleaning. caranya dengan memakai cotton buds atau swab yang direndam dalam cairan pembersih. Sama ibarat membersihkan debu, gunakan cotton buds hanya searah saja. Pastikan bahwa alat yang Anda gunakan tidak terkotori partikel keras yang bisa menggores permukaan sensor.


Nah, selesai deh Rangkain Proses Membersikan Sensor Kamera DSLR Yang Kotor dan Berjamur ! Bagaimana ? Praktis kah ? bila bermanfaat silahkan bagikan artikel ini, semoga sanggup menolong banyak orang di kemudian hari.


Bagaimana Debu Masuk Sampai Sensor ?

Debu pada sensor yaitu hal yang lumrah kalau anda sudah usang mempunyai kamera. Bagaimana debu bisa hingga masuk ke serpihan sensor kamera DSLR anda ?  Ada beberapa cara debu bisa masuk ke sensor, diantaranya melalui  :

Mekanisme lensa yang berputar dikala zooming dan focusing. Saat berputar debu yang melekat di lensa bisa tersedot jatuh ke sensor kamera. Karena putaran pada poin diatas berarti dua elemen bergesekan, bisa jadi muncul serpihan dan serpihan tersebut jatuh ke sensor.
   
Debu Juga kemungkinan masuk dikala proses mengganti lensa.

Oleh alasannya yaitu itu, selama kamera DSLR anda di gunakan maka anda mustahil sanggup terhindar dari resiko masuknya debu kedalam sensor kamera DSLR anda !

Yang Perlu di perhatikan Setelah melaksanakan proses pencucian sensor kamera DSLR secara manual, ada baiknya untuk selalu membersihkan sensor kamera secara otomatis. Gunakan mekanisme pencucian otomatis kamera DSLR setiap kali Anda mulai atau sehabis memakai kamera.


--> SELANJUTNYA


Demikianlah Artikel Cara Membersikan Sensor Kamera Dslr Yang Kotor Dan Berjamur

Sekianlah artikel Cara Membersikan Sensor Kamera Dslr Yang Kotor Dan Berjamur kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel Cara Membersikan Sensor Kamera Dslr Yang Kotor Dan Berjamur dengan alamat link https://caraberinovasi.blogspot.com/2009/05/cara-membersikan-sensor-kamera-dslr.html

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel