Cara Memproduksi Saos Sambal Botolan Berkwalitas Skala Home Industri

Cara Memproduksi Saos Sambal Botolan Berkwalitas Skala Home Industri - Hallo sahabat cara berinovasi, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Cara Memproduksi Saos Sambal Botolan Berkwalitas Skala Home Industri, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel Tentang Bisnis, Artikel Tentang Home Industri, Artikel Tentang Masakan, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : Cara Memproduksi Saos Sambal Botolan Berkwalitas Skala Home Industri
link : Cara Memproduksi Saos Sambal Botolan Berkwalitas Skala Home Industri

Baca juga


Cara Memproduksi Saos Sambal Botolan Berkwalitas Skala Home Industri

Bagi pecinta kuliner, pastinya saos sambal ini tidak sanggup di pisahkan dari aktifitas masakan anda, saos sambal yang populer dengan citarasa khas gurih pedas ini, bergotong-royong sanggup kita produksi sendiri di rumah dengan kwalitas materi yang lebih terjamin, Prosesnya juga tidak sulit dan sanggup di kerjakan dengan proses yang sangat sederhana, bila anda ingin mencoba bisnis menciptakan saos sambal botolan berkwalitas dan bebas materi pengawet serta zat pewarna berbahaya, artikel ini akan memandu anda secara lengkap, mulai dari proses pemilihan bahan, Proses penggilingan, Proses pengemasan, sampai syarat - syarat bagaimana mendapat ijin industri rumah tangga,  Ijin Edar dari BPOM dan Ijin Edar dari Depkes/Dinkes.


Sebelum kita pratekan proses pembuatan Saos sambal yang akan kita pelajari di bawah ini, untuk membuka wawasan anda bahwa menciptakan saos sambal itu sangatlah mudah, silahkan simak salah satu video tutorial yang akan memandu anda bagaimana cara menciptakan saos sambal yang baik dan benar, selamat menyimak.






Perlu anda pahami terlebih dahulu bahwa produk saos dan sambal yang nantinya akan anda produksi yaitu saos sambal yang memakai materi - materi dasar berkwalitas serta tidak memakai materi - materi pengawet dan pewarna berbahaya, yang akan kita produksi yaitu saos sambal dengan mutu terjamin, sehingga perjuangan anda nanti akan langgeng dan bermanfaat bagi konsumen anda. Jika anda ingin melihat beberapa teladan produk saos sambal kemasan berkwalitas yang beredar di pasaran ketika ini, silahkan anda melihatnya sejenak di --> SINI



Untuk teladan produk soas sambal yang lebih lengkap dengan materi dasar yang alami dan gampang didapatkan di pasaran Bisa juga anda simak selengkapnya di --> SINI



Nah Berikut ini Cara Memproduksi Saos Sambal Botolan Berkwalitas dengan Skala Home Industri.


Alat - Alat yang di butuhkan :

2 Unit Blender Kapasitas 3 - 5 Liter
5 Buah Baskom Plastik Kapasitas 10 Liter
Pisau Dapur
2 Buah Panci Kapasitas Minimal 30 Liter


Bahan - Bahan Yg Di butuhkan Untuk Memproduksi +/- 10 Botol Saos Sambal Ukuran 450 ml


Bahan - Bahan Alami Yang Di Butuhkan :
  • 1 Kg Cabai Rawit
  • 5 Kg Tomat Merah Besar Yang Segar
  • 1/2 Kg Bawang Putih ( Kupas Kulitnya )
  • 4  Liter air
  • 30 sdm cuka / perasan air jeruk lemon
  • 1 Kg Gula Pasir
  • 20 sdm Garam Halus Beryodium
  • 30 sdm maizena, larutkan dengan sedikit air

Proses Membuatnya :


  1. Rebuslah cabai, tomat, dan bawang putih dengan 4 Liter air di dalam panci selama 15 menit
  2. Tunggu sampai air masbodoh kemudian giling dengan lender materi yang sudah di rebus, tambahkan sedikit air rebusannya semoga lebih gampang di giling.
  3. Masaklah kembali hasil gilingan yang sudah halus sampai mendidih ( meletup )
  4. Tambahkan gula, garam, cuka, dan tepung maizena sambil terus diaduk-aduk.
  5. Aduk campuran searah dengan cepat semoga tidak menggumpal kurang lebih 5 menit.
    Jika kekentalan sudah sesuai,  maka matikan api, tunggu sampai masbodoh dan uap air terangkat.

    Tra..laaaa... saos sambal produksi anda siap untuk di kemas kedalam botol.

Sebelum di pasarkan, anda harus mempunyai ijin edar dari BPOM dan Ijin Edar dari Depkes/Dinkes.

Berikut ini cara mengurusnya :
Syarat Mengajukan Perizinan PIRT
Sebelum memasarkan produk makanan/minuman ke masyarakat, dibutuhkan Perizinan PIRT (Pangan Industri Rumah Tangga). Hal ini dibutuhkan sebagai izin jaminan perjuangan kuliner / minuman rumahan yang dijual dan beredar di masyarakat memenuhi standar keamanan kuliner atau izin edar produk pangan. Izin ini hanya diberikan kepada produk pangan olahan dengan tingkat resiko yang rendah
Nomor PIRT ini dipergunakan untuk kuliner dan minuman yang mempunyai daya tahan / keawetan diatas 7 hari. Nomor PIRT yang kini berjumlah 15 digit, untuk yang usang 12 digit. Nomor PIRT berlaku selama 5 tahun dan setelahnya sanggup diperpanjang. Untuk kuliner dan minuman yang daya tahannya dibawah 7 hari akan masuk golongan Layak Sehat Jasa Boga dan nomor PIRT berlaku selama 3 tahun saja. 

Lama pengurusan PIRT 1 ahad – 3 bulan, tergantung masing-masing kotamadya/kabupaten
Mendaftarkan dan mengurus nomor Dinas Kesehatan untuk makanan, sanggup dilakukan dengan pribadi tiba ke Dinas Kesehatan dengan membawa persyaratan menyerupai berikut :

-Fotokopi kartu tanda penduduk (KTP)
-Pas foto 3x4 sebanyak 2 lembar
-Surat keterangan domisili perjuangan dari kantor camat
-Surat keterangan puskesmas atau dokter, untuk investigasi kesehatan dan sanitasi
-Denah lokasi dan bagan bangunan
-Surat permohonan izin produksi kuliner atau minuman kepada Dinas Kesehatan
-Data produk kuliner atau minuman yang diproduksi
-Sampel hasil produksi kuliner atau minuman yang diproduksi
-Label yang akan digunakan pada produk kuliner minuman yang diproduksi, yang kemudian akan dikoreksi dan dicocokkan dengan produk dan proses produksi. Jika ada ketidakcocokan akan diubahsuaikan oleh petugas dari Dinas Kesehatan, untuk produk minuman, disertai dengan hasil investigasi laboratorium air baku.


Prosedur Pengurusan Izin Produksi Makanan dan Minuman :
-Pemohon mengajukan surat permohonan secara tertulis kepada kepala Dinas Kesehatan dengan dilengkapi persyaratan sesuai dengan ketentuan yang berlaku.
 -Dinkes akan mempelajari surat permohonan untuk diubahsuaikan dengan persyaratan yang telah ditentukan,  dan akan dilakukan investigasi berkas (satu hari), Persetujuan Kadinkes (satu hari), menunggu waktu pelaksanaan penyuluhan keamanan pangan yang dilaksanakan setiap 3 bulan sekali.
-Pemohon diwajibkan mengikuti penyuluhan keamanan pangan dan diperiksa sarana produksinya, investigasi sarana.
-Dinkes menunjukkan pertimbangan terhadap permohonan izin yang diajukan, menyusun konsep izin dan meneruskan kepada yang berhak menandatangani menurut ketentuan yang berlaku, menanda-tangani konsep izin.
-Pemohon membayar retribusi Sertifikat PIRT.
Total waktu pengurusan 3 bulan.


Informasi di atas hanyalah citra umum, sekilas bagaimana cara mengurus
Izin Produksi Makanan dan Minuman yang anda prosuksi , untuk isu lebih lengkapnya anda sanggup menghubungi instansi yang terkait dengan perijinan tersebut.


--> SELANJUTNYA



Demikianlah Artikel Cara Memproduksi Saos Sambal Botolan Berkwalitas Skala Home Industri

Sekianlah artikel Cara Memproduksi Saos Sambal Botolan Berkwalitas Skala Home Industri kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel Cara Memproduksi Saos Sambal Botolan Berkwalitas Skala Home Industri dengan alamat link https://caraberinovasi.blogspot.com/2009/05/cara-memproduksi-saos-sambal-botolan.html

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel