Simak Caranya Proses Pembuatan Knalpot Motor

Simak Caranya Proses Pembuatan Knalpot Motor - Hallo sahabat cara berinovasi, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Simak Caranya Proses Pembuatan Knalpot Motor, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel Tentang Bisnis, Artikel Tentang Home Industri, Artikel Tentang Karya Seni, Artikel Tentang Kendaraan, Artikel Tentang Tehnik, Artikel Tip's, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : Simak Caranya Proses Pembuatan Knalpot Motor
link : Simak Caranya Proses Pembuatan Knalpot Motor

Baca juga


Simak Caranya Proses Pembuatan Knalpot Motor

Tahukah anda bahwa materi dasar pembuatan knalpot biasa diproses dari materi drum bekas dan diberi lapisan materi anti karat, namun ada juga knapot yang materi dasarnya terbuat dari plat stainless stell, dan menurut denah proses pembuatan knalpot di tingkat industri perjuangan kecil menengah ( UKM ) ternyata proses pembuatan knalpot khususnya knalpot motor tidaklah sulit. secara garis besar sanggup kita produksi sendiri di bengkel kita dengan peralatan - peralatan yang sederhana. Seiring pertumbuhan kendaraan di indonesia yang sangat pesat terlebih kendaraan roda dua ( sepeda motor ) tentu saja seruan pasar akan knalpot juga akan meningkat, apalagi knalpot yang di produksi bentuknya unik dan mempunyai fungsi peredam panas dan peredam bunyi letupan mesin dengan baik. Jika anda tertarik bergelut di industri pembuatan knalpot, maka tidak ada salahnya anda menyimak artikel ini hingga tuntas, paling tidak ada sedikit citra bahwa memproduksi knalpot itu tidak sulit.


Agar wawasan anda lebih terbuka seputar proses pembuatan knalpot motor silahkan gali warta sebanyak - banyaknya bersama kami di sini.


Ternyata ada aneka macam Knalpot Non Standart yang keren - keren modelnya dengan harga yang terjangkau dan kwalitas yang terjamin, sebelum anda tetapkan untuk berguru menciptakan knalpot dan memproduksinya secara massal dengan skala home indutri, ada baiknya anda menyimak terlebih dahulu referensi - referensi knalpot motor yang sedang musim dan di gemari para pecinta otomotif di indonesia, selengkapnya sanggup melihatnya sejenak di --> SINI



Untuk referensi - referensi model produk knalpot motor yang lebih lengkap dengan materi dasar yang berkwalitas hingga materi dasar serat karbon, serta pada umumnya ada di indonesia dan gampang didapatkan di pasaran, selengkapnya sanggup juga anda simak  di --> SINI


Knalpot atau kalau di artikan dalam bahasa indonesia disebut sebagai Saringan Udara, mempunyai rumus perhitungan biar knalpot yang anda buat sanggup berfungsi dengan maksimal, silahkan anda simak rumusnya di bawah ini :




RUMUS PERHITUNGAN UKURAN KNALPOT

L = ( 850 x ET ) / MAX RPM – 3
L = panjang pipa knalpot yang akan dibuat
ET = Exhaust Timing, kapan klep buang mulai membuka sebelum TMBMAX
RPM = RPM yang dimau untuk mendapat puncak tenaga

Contoh : Jika Mesin motor anda timing exhaust mulai membuka 80 derajat sebelum TMB , maka perhitungannya adalah

L = ( 850 x 260 ) / 10,000 – 3L = 19.1 inches = 485 mm

Kemudian kita akan mementukan diameter pipa knalpot yang diharapkan yaitu sbb :

D = sqrt ( CC / ((L + 3) x 25) ) x 2.1
D yaitu diameter pipa yang diinginkan
CC yaitu kapasitas silinder
L yaitu panjang knalpot

Maka diameter pipa knalpot untuk motor anda yaitu :

D = sqrt ( 171 / ((19.1 + 3 ) x 25) ) x 2.1
D = 29
mmsqrt = 0.317 = 0.563



Gambaran Model Knalpot :



Ukur sepeda motor anda dari sambungan pipa pada mesin kepala ke kaki pasak dan lalu ke belakang, jangan lupa buat gambar sketsa bentuk dasar untuk knalpot Anda,





Cobalah anda perhatikan denah sistem pembuangan udara knalpot  berikut ini  :

8 Ruang bakar. 9 Katup buang. 10 Saluran buang. 11 Exhaustmanifold. 12 Catalytic converter. 13 Muffler.Umumnya komponen dalam sistem pembuangan terdiri dari :

Kepala silinder, dimana pipa pembuangan dimulai, kecuali pada mesin dua langkah dimanasaluran pembuangan ditempatkan dibagian bawah dinding silender.

Exhaust manifold atau exhaust header, dimana pipa dari beberapa ruang bakar/silinderbergabung.

Catalytic converter untuk menurunkan kadar gas beracun, CO, HC dan NO

Knalpot, pipa untuk mengalirkan gas hasil pembakaran.

Peredam bunyi atau disebut juga muffler yang berfungsi untuk meredam suara. Pada sepeda motor, peredam bunyi ada di dalam knalpot, Selain itu pada motor keluaran terbaru di dalam knalpotnya ada part yang namanya catalytic converter atau katalis. Part ini berfungsi sebagai penghilang kandungan berbahaya jawaban proses pembakaran menyerupai hidrokarbon. “Part ini berfungsi menekan kadar emisi gas buang dari sisa pembakaran.


Untuk Proses dan Cara Pembuatan Knalpot Bisa anda simak selengkapnya di  video berikut ini :






--> SELANJUTNYA



Demikianlah Artikel Simak Caranya Proses Pembuatan Knalpot Motor

Sekianlah artikel Simak Caranya Proses Pembuatan Knalpot Motor kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel Simak Caranya Proses Pembuatan Knalpot Motor dengan alamat link https://caraberinovasi.blogspot.com/2009/05/simak-caranya-proses-pembuatan-knalpot.html

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel