Cara Mengendarai Kendaraan Beroda Empat Matic Dengan Baik Dan Benar

Cara Mengendarai Kendaraan Beroda Empat Matic Dengan Baik Dan Benar - Hallo sahabat cara berinovasi, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Cara Mengendarai Kendaraan Beroda Empat Matic Dengan Baik Dan Benar, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel Tentang Kendaraan, Artikel Tentang Tehnik, Artikel Tip's, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : Cara Mengendarai Kendaraan Beroda Empat Matic Dengan Baik Dan Benar
link : Cara Mengendarai Kendaraan Beroda Empat Matic Dengan Baik Dan Benar

Baca juga


Cara Mengendarai Kendaraan Beroda Empat Matic Dengan Baik Dan Benar

Bagi sebagian orang mungkin saja masih beranggapan bahwa Sistem Transmisi Automatic khususnya pada kendaraan Roda empat yaitu sebuah perubahaan tehnologi otomotif yang sangat luar biasa dan mau tidak mau mereka harus mengikuti keadaan dengan perkembangan tersebut, kebanyakan mungkin masih tidak ingin beralih dari kebiasaan mengendarai kendaraan beroda empat bertransmisi manual kepada kebiasaan gres dengan mengendarai kendaraan beroda empat bertransmisi Automatic. Memang benar di perlukan adaptasi yang cukup usang untuk terbiasa dengan transmisi automatic jikalau awalnya seseorang mengendarai kendaraan beroda empat bertransmisi manual, alasannya yaitu pada kendaraan matic, Kaki kiri anda akan menganggur lantaran tidak di perlukan lagi untuk menginjak kopling, secara otomatis komputer yang terinstall pada system transmisi kendaraan beroda empat anda akan memnidahkan gigi pada kecepatan yang sudah terprogram, anda tinggal konsentrasi kepada stir, spion dan rem saja,  bahkan ketika ini sudah di kembangan jenis kendaraan auto kemudi, dimana pengendara tinggal memprogram hendak kemana melalui peta elektronik yang tersedia di dashboard mobilnya dan kendaraan beroda empat pun akan melaju membawa anda dengan nyaman ke kawasan tujuan sesuai dengan alamat yang sudah anda jadwal sebelumnya. Terlepas dari perkembangan tehnologi tersebut yang ingin kita bahas kali ini yaitu bagaimana cara mudahnya mengendarai sebuah kendaraan beroda empat bertransmisi auto matic dengan baik dan benar, sehingga keamanan dan keawetan kendaraan beroda empat anda tetap terjaga. Mari Kita simak uraian penjelasannya di bawah ini.


Ternyata ada berbagai Accessories khusus untuk menambah kenyamanan anda mengendarai kendaraan beroda empat matic kesayangan anda, tentunya dengan model yang keren - keren dengan harga yang terjangkau dan kwalitas yang terjamin, sebelum anda tetapkan untuk berguru menyetir Mobil Matic anda, ada baiknya anda menyimak terlebih sejenak referensi - referensi accessories Mobil Matic yang sedang musim ( ( jaman now ) dan tentunya di gemari para pecinta otomotif di indonesia, selengkapnya sanggup melihatnya sejenak di --> SINI



Untuk referensi - referensi model produk accesoriess khusus kendaraan beroda empat Matic yang lebih lengkap dengan materi dasar yang berkwalitas, serta pada umumnya ada di indonesia dan gampang didapatkan di pasaran, selengkapnya sanggup juga anda simak  di --> SINI



Jika anda sudah melihat tutorial di atas, maka berikutnya silahkan anda simak pelan - pelan artikel di bawah ini sambil di hayati dan di praktekan, selamat membaca :


Belajar Mengenal Instrument Transmisi Mobil Matic







Coba Perhatikan Simbol - simbol Tuas Transmisi Mobil Matic pada gambar di atas !


Tentunya Pada buku manual kendaraan beroda empat yang anda beli sudah dijelaskan beberapa fitur penting yang ada pada kendaraan beroda empat matic anda, dan persiapan apa yang anda harus lakukan sebelum mengendarainya, untuk membantu mengingatkan anda, maka berikut ini beberapa kami rangkum tips bagaimana cara berguru mengemudi kendaraan beroda empat matic yang baik dan benar khusunya untuk pemula yang gres berguru mengendarai mobil, atau belum pernah mengemudi kendaraan beroda empat bertransmisi automatic

Langkah Awal yaitu : Pahami Peralatan Kemudi Mobil Matic Anda
Mobil matic tentu mempunyai alat kemudi yang berbeda dengan kendaraan beroda empat bertransmisi manual. Misalnya saja hanya tersedia dua pedal yaitu pedal akselerasi / Gas dan Rem tanpa ada pedal kopling. Selain itu tuas transmisi kendaraan beroda empat matic juga berbeda serta dilengkapi dengan huruf-huruf ibarat gambar di atas.

Langkah Ke 2 : Pahami Arti Huruf Pada Panel Tuas Transmisi
Pada panel tuas transmisi kendaraan beroda empat otomatis selalu dilengkapi dengan beberapa huruf-huruf. Umumnya huruf-huruf tersebut yaitu P, D, N dan R. Beberapa yang mungkin berbeda yaitu hadirnya angka 3 dan 2, abjad L atau angka 1, abjad B serta tanda + dan - ( di bawah kita akan bahas fungsi - fungsi abjad tersebut )
Susunan abjad dan angka tergantung dari jenis transmisi matic yang dipakai pada mobil. Namun untuk yang paling sering ditemui, fungsinya yaitu :
  • D : Digunakan untuk menciptakan kendaraan beroda empat bergerak maju ketika pedal gas diinjak (Drive).
  • R : Digunakan untuk menciptakan kendaraan beroda empat bergerak mundur.
  • P : Digunakan ketika kendaraan beroda empat berhenti dalam kondisi usang atau parkir.
  • N : Digunakan ketika kendaraan beroda empat berhenti sebentar. Contohnya lampu merah atau macet.
  • B : Brake atau boost. Biasanya di kendaraan beroda empat matic CVT. Digunakan untuk mendapat engine brake ketika jalanan menurun, dan menaikkan RPM ketika di jalanan menanjak.
  • Angka 3, 2 dan 1/L : Fungsinya sama ibarat posisi transmisi di kendaraan beroda empat manual. Kurang lebih untuk melaksanakan overdrive transmisi kendaraan beroda empat ketika membutuhkan akselerasi, tenaga atau engine brake.
Langkah Ke 3 : Pastikan Posisi Transmisi Pada P atau N Saat Menyalakan Mobil
Setelah anda mengetahui fitur dan alat mengemudi pada kendaraan beroda empat matic tersebut, maka sekarang saatnya untuk menyalakan mesin kendaraan beroda empat anda, namun sebelum menyalakan mesin, pastikan dahulu tuas transmisi berada di posisi P atau N. Dengan demikian, kendaraan beroda empat tidak eksklusif berjalan ketika mesin dinyalakan.
Langkah Terakhir : Injak Rem Sebelum Mengganti Tuas Transmisi
Pada kendaraan beroda empat manual, kebanyakan orang mengandalkan rem tangan dan kopling ketika gres akan memasukkan gigi ke posisi 1 dan akan mulai berjalan. Namun di transmisi otomatis, anda harus sedikit lebih hati-hati !!! Pastikan anda sudah menginjak pedal rem sebelum mengganti tuas transmisi. Hal ini untuk mencegah kendaraan beroda empat eksklusif berjalan begitu tuas transmisi berada pada posisi R atau D.

Ini Yang Harus di Perhatikan Demi Keselamatan Mengemudi Anda !!!


Biasanya, ketika kendaraan beroda empat diparkir dari posisi P dan akan berjalan maju di posisi D, ketika tuas transmisi di geser ke posisi D tentunya akan melewati posisi R. dan Jika anda tidak menginjak rem, apalagi rem tangan sudah dilepas, maka kendaraan beroda empat akan eksklusif bergerak mundur dengan cepat, Inilah yang kemudian sering kali menyebabkan kecelakan di kawasan parkir bertingkat di mall.


Ada Beberapa hal yang harus kita ketahui demi untuk keselamatan kita  ketika berkendara dengan kendaraan beroda empat matic sendiri, mari kita simak poin – poin penting ketika mengendarai kendaraan beroda empat matic dengan memperhatikan step - step di bawah ini :Point 1
Ingatlah Ketika anda ingin menghidupkan atau mengendarai kendaraan beroda empat bertransmisi Automatic maka sebelumnya anda harus memastikan bahwa tuas kendaraan beroda empat sedang dalam posisi P (Parkir) atau dengan simbol lain yaitu N (Netral). Desain transmisi matic telah diciptakan oleh produsen mesin kendaraan beroda empat sehingga mesin kendaraan beroda empat hanya sanggup dihidupkan pertamakali  jikalau posisi tuas berada di P (Parkir) atau N (Normal)

Point 2

Apabila mesin kendaraan beroda empat gres saja dihidupkan maka tunggu beberapa menit hingga suhu mesin dan transmisi sanggup tercapai secara otomatis, dilihat dari beberapa macam jenis transmisi kendaraan beroda empat automatic, ketika percepatan dalam pemindahan secara otomatis belum terjadi secara tepat di sebabkan lantaran suhu kerja transmisi belum normal.

Point 3

Ingatlah Ketika kita sudah menginjak pedal rem maka jikalau akan menggeser tuas atau akan menjalankan kendaraan beroda empat pastikan dulu bahwa rem sudah terinjak dengan sempurna, sehingga jikalau kita akan menggeser tuas dari P ke R dan N ke D atau sebaliknya, ada nya rem dalam penggeseran tuas salah satunya untuk menghindari kerusakan mesin dan mencegah kendaraan beroda empat melaju dengan mendadak.

Point 4

Ketika anda ingin memulai perjalanan dengan kondisi normal, maka perhatikan tuas sudah dalam posisi D (Drive) yang mempunyai kegunaan untuk berjalan maju, sedang kan untuk mundur tuas dalam posisi R. Dalam mengendarai kendaraan beroda empat tidak hanya melewati jalan yang lurus saja tetapi juga akan melaju di jalan yang mengalami tanjakan, turunan, bahkan licin maka jikalau menemui jalan tanjakan membutuhkan pinjaman pengereman mesin ( engine break ),  perlu adanya pergeseran tuas ke posisi 2. Apabila perjalanan yang dialami menanjak atau menurun yang sangat ekstrim maka tuas harus digeser ke posisi 1 atau L.JI

Point 5

Pada ketika pemilihan mode untuk pengoperasian hemat ( jikalau tersedia ) dilihat juga dari kegunaan hemat yang umumnya hanya dipakai untuk kondisi ketika berada di perjalanan dalam kota yang sudah sangat populer dengan macet, setiap pengemudi niscaya ingin menghemat penggunaan BBM atau ingin mengendarai kendaraan secara santai. Bisa juga menentukan metode ekonomis, perpindahan dalam metode percepatan akan otomatis berlangsung di awal.

Point 6

Di dalam kendaraan beroda empat matic ada yang namanya Tombol OD atau menggeser tuas ke posisi 3 fungsinya untuk membantu kita dalam berakselerasi dalam memakai gigi 3. Apabila kita ingin melaju lebih cepat dan ingin mendahului kendaraan beroda empat yang berada didepan kita maka harus memakai kecepatan diatas standar yaitu sekitar 60-80 km/jam.Jika tombol OD/OFF menyala itu tandanya perpindahan dalam percepatan dibatasi hanya pada gigi 3. untuk transmisi otomatis jenis CVT umumnya tidak dilengkapi tombol overdrive (OD). Adapun untuk Step AT/AT, akomodasi tombol OD ada yang terletak di tuas pemindah gigi atau untuk beberapa produsen kendaraan beroda empat tertentu ibarat Toyota, menonaktifkan OD cukup dengan menggeser tuas ke posisi 3.


Point 7
Untuk memakai mode pengoperasian manual maka pilihlah metode Pengoperasian M (Manual), jikalau ingin mengendarai kendaraan kendaraan beroda empat matic ibarat kendaraan beroda empat manual. Dengan adanya akomodasi manual matic maka kemungkinan untuk menambah dan mengurangi tingkat percepatan sanggup sesuai dengan apa yang pengemudi inginkan. Hanya dengan cara menggeser tuas ke posisi M (Manual) atau juga sanggup ketika kendaraan beroda empat dalam keadaan berhenti atau dalam keadaan berjalan dengan kecepatan yang tidak menentu, kemudian menggeser tuas (+) untuk menambah gigi dan tuas (-) untuk mengurangi gigi.


--> SELANJUTNYA



Demikianlah Artikel Cara Mengendarai Kendaraan Beroda Empat Matic Dengan Baik Dan Benar

Sekianlah artikel Cara Mengendarai Kendaraan Beroda Empat Matic Dengan Baik Dan Benar kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel Cara Mengendarai Kendaraan Beroda Empat Matic Dengan Baik Dan Benar dengan alamat link https://caraberinovasi.blogspot.com/2009/05/cara-mengendarai-kendaraan-beroda-empat.html

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel